6 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Manfaat Bawang Putih

6 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan – Memang bawang putih adalah salah satu bumbu masakan yang hampir setiap hari dikonsumsi, jadi mungkin kebanyakan dari kita berpendapat bahwa tidak ada manfaat apa-apa dari bawang putih. Tetapi itu salah!

Tumbuhan yang berasal dari kelompok umbi-umbian ini sangat populer digunakan sebagai bumbu masakan di seluruh pelosok dunia.

Selain itu ada juga yang disebut dengan bawang putih tunggal. Manfaat bawang putih tunggal yang paling terkenal adalah kemampuannya dalam mencegah penyakit kanker.

6 Kegunaan Bawang Putih Untuk Kesehatan

Manfaat Bawang Putih

  • Menurunkan Risiko Kanker

Senyawa sulfur yang terdapat pada bawang putih mentah dipercaya dapat mencegah pembentukan sel kanker dalam tubuh. Hal ini dikarenakan senyawa sulfur bioaktif bermanfaat untuk membunuh dan memperbaiki sel rusak. Selain itu juga dapat menghambat penyebaran sel jahat dalam tubuh.

  • Menurunkan Kolesterol

Sebuah ilmuwan asal Amerika Serikat mengatakan bahwa dengan mengkonsumsi minimal 10 gram bawang putih mentah berkhasiat untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Selain itu ia juga berpendapat bahwa bukan hanya menurunkan kolesterol jahat tetapi juga meningkatkan kolesterol baik.

Dalam mengkuatkan kesimpulan yang ia buat, ia mengumplkan 50 orang sebagai bahan penelitiannya.

  • Membunuh Virus dan Infeksi

Penyakit-penyakit dalam tubuh umumnya terjadi karena virus yang menyerang. Tetapi ada bayak sekali penyakit yang dapat dicegah dengan senyawa allicin yang terdapat dalam bawang putih.

Hal ini karena zat allicin dalam bawang putih bermanfaat sebagai anti virus, anti jamur yang dapat membunuh berbagai macam virus dalam tubuh.

  • Mengobati Penyakit Flu

Flu umumnya terjadi karena pergantian cuaca dan tubuh dalam kondisi kurang fit.

Sifat anti bakteri dan rasa panas yang dihasilkan oleh bawang putih bermanfat untuk menyembuhkan sakit flu. Selain itu kandungan antioksidan, vitamin C, dan sulfur dipercaya dapat menurunkan demam yang terjadi karena flu.

  • Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Mungkin Anda Tertarik  5 Cara Cerdas Atasi Nyeri Berlebih Saat Datang Bulan

Darah tinggi sebaiknya dihindari karena dapat berujung dengan berbagai penyakit lainnya yang lebih berbahaya. Sebuah penelitian di Eropa mengungkapkan bahwa bawang putih mempunyai senyawa polisulfida yang dapat melebarkan pembuluh darah sehingga tekanan dalam darah akan berkurang.

  • Mencegah Kebotakan Rambut

Ternyata bukan hanya untuk pengobatan penyakit dalam, kandungan senyawa bawang putih ternyata mempunyai kasiat untuk mengatasi permasalahan rambut rontok.

Caranya cukup dengan mengoleskan beberapa siung bawang putih tunggal pada bagian akar rambut agar kebotakan bisa dicegah.

Jadi itulah tadi beberapa manfaat bawang putih yang perlu Anda ketahui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *